Thursday, March 17, 2005

Bedah Buku

Menemukan Tuhan dalam Mencinta







Judul: Di Tepi Sungai Piedra Aku Duduk & Tersedu
Judul Asli: By The River Piedra I Sat Down & Wept
Penulis: Paulo Coelho
Penerbit: Pustaka Alvabet
Cetakan: 1, Januari 2005
Tebal: x + 209 halaman
Harga: Rp 28.000


Lewat karyanya ini, Paulo membuktikan bahwa cinta bukanlah penghalang, tetapi mampu menjadi kekuatan pendorong yang dahsyat bagi sepasang kekasih mencapai mimpi dan menemukan Tuhan.

Penulis menunjukkan bahwa cinta sejati adalah sebuah tindakan penyerahan diri secara total. Kerahiman Ilahi menjadi kekuatan yang menjiwai aktor utama kisah ini. Dilema antara menjalani hidup bersama perempuan yang dicintai atau tetap menjalankan panggilan, yakni mengerjakan misi sesuai kehendak-Nya menjadi konflik dasar cerita. Cinta yang hadir di antara Pilar dan sahabat masa kecilnya yang telah menjadi pemimpin agama yang karismatis merupakan cinta yang bertumbuh. Berawal dari cinta masa kecil, berlanjut pada cinta yang hadir di balik reuni, meningkat ke cinta yang membebaskan Pilar, perempuan kecil yang bertumbuh dewasa dan mandiri menemukan iman yang telah mengubah kembali filosofi hidupnya, kemudian mengarah pada cinta yang membawa sahabat masa kecilnya menyangkal karunia khusus dari-Nya untuk kembali menjalani hidup normal, berakhir pada cinta yang membuka mata dan hati keduanya akan misi dan mimpi yang harus mereka wujudkan tanpa harus menyangkal karunia-Nya. Di tepi Sungai Piedra, perenungan hubungan cinta yang hadir di antara mereka mencuat dan membawa mereka kembali menemukan jalan hidup.

Paulo Coelho menyuguhkan kisah romantis sarat dengan spiritualitas lewat prosa puitis, simbol, nuansa mistis, dan tema "mengikuti mimpi". Peraih anugerah sastra Crystal Award for Artistic Achievment di tahun 1999, serta peraih Nielsen Gold Book Award atas karyanya The Alchemist (Sang Alkemis) di tahun 2004 ini menghanyutkan pembaca dalam petualangan tentang kekuatan cinta dan cinta Tuhan dalam hidup manusia.

(SHS/Litbang Kompas)

No comments: